Nama :
HELDAWATI
RENCANA PELAKSANAAN PEMEBELAJARAN
Identitas
sekolah : Madrasah Ibtidaiyyah
Mata pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/semester : 4/1
Peretmuan ke- : 1
Materi pokok : Ketabahan
dan Keteladanan Nabi Muhammad Saw dalam Berdakwah
Alokasi waktu : 2x30 menit ( 2
x pertemuan )
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-1
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya.
|
KI-3
|
Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang driri-Nya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, disekolah
dan ditempat bermain..
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.1
|
Meyakini keberan dari Allah swt, walaupun banyak
tantangan yang harus dihadapi sebagai implementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah
di tahun-tahun awal Kenabian.
|
2.1
|
Bersikap tabah menghadapi cobaan dalam menyampaikan
kebenaran sebagai bentuk meneladani ketabahan Nabi Muhammad saw, dan para
sahabat nya dalam berdakwah.
|
3.1
|
Mengetahui contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad
saw, dan para sahabat dalam berdakwah.
|
4.1
|
Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad saw, dan
sahabat dalam berdakwah.
|
C.
Indikator Pembelajaran
1. Menyambut contoh-contoh ketabahan Nabi
Muhammad saw, dan para sahabat dalam berdakwah.
2. Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad
saw, dan sahabat dalam berdakwah.
3. Menceritakan kemuliaan Nabi Muhammad
saw, dan sahabat dalam berdakwah.
4. Menunjukkan sikap tabah menghadapi
cobaan dalam menyampaikan kebenaran sebagai bentuk meneladani ketabahan Nabi
Muhammad saw, dan para sahabatnya dalam berdakwah.
5. Menunjukkan kemuliaan akhlak dalam
menyampaikan kebenaran sebagai implementasi keteladanan Nabi Muhammad saw
dalam berdakwah.
6. Menunjukkan kebenaran Allah swt melalui
implementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah di tahun-tahun awal keNabian
walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi.
7. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasi peserta didik mampu :
ü Menyebutkan contoh-contoh Ketabahan Nabi
Muhammad saw, dan para sahabat dalam berdakwah.
ü Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad saw dan
sahabat dalam berdahwah.
ü Menceritakan kemulian akhlak Nabi
Muhammad saw dan sahabat dalam berdakwah.
ü Menunjukkan sikap tabah menghadapi
cobaan dalam menyampaikan kebenaran sebagai bentuk meneladani ketabahan Nabi
Muhammad saw dan para sahabatanya dalam berdakwah.
ü Menunjukkan kemuliaan akhlak dalam
menyampaikan kebenaran sebagai implementasi keteladanan Nabi Muhammad saw dalam
berdakwah.
ü Menunjukkan kebenaran Allah swt melalui
imp;ementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah di tahun-tahun awal keNabian
walaupun banyak tantangan yang harus di hadapi.
ü Mengembangkan perilaku jujur, disipilin,
tanggung jawab, santun, pedulu dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya.
.
A. Materi Pokok
1. Ketabahan dan keteladan Nabi dal berdakwah.
B. Proses
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam
2. Guru menanyakan kabar dan semangat siswa untuk
belajar
3. Guru menyampaikan materi pembelajaran
2. Kegiatan inti
1. Sebelum menyampaikan materi guru membuka wawasan
para siswa apa yang mereka ketahui tentang wilayah Arab
2. Guru menyampaikan materi pembelajaran keadaan
geografis jazirah Arab pra-islam dengan sebuah lagu.
“jazirah Arabia wilayahpadangpasir
Padang pasirtergesangterluas di dunia
Bagianbaratdayaasiaituletaknya
Hijaz, Nadj, Yaman, Hadralmautdan Oman
Itulahsebagiandariprovinsinya.
Di
bagianutaraituwilayahtandus
Yang
terletak di Ad-Dhana
Di
bagianselatanituwilayahsubur
Tepatnyaitu
di Yaman
Untasebagaibinatangpeliharaan
Kurmasebagaitamanprimadona”
3. Guru menjelaskan lebih detail lagi tentang keadaan
geografis jazirah Arab
4. Guru memperlihatkan media gambar kehidupan sosial
masyarakat Arab pra-islam
5. Guru menjelaskan tentang kehidupan sosial masyarakat
Arab pra-islam yang buruk
3. Penutup
1. Guru menyampaikan hikmah dari pembelajaran keadaan
sosial masyarakat Arab pra-Islam yang buruk supaya tidak di contoh.
2. Guru menutup pelajaran dengan Alhamdulillah
C.
MetodePembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, bernyanyi
D. Media
danSumberPembelajaran
1. Gambar
2. Buku pegangan siswa MI kelas 3
PENILAIAN
1.
Pertemuan I
Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas nikmat/karunia Allah SWT
|
|
|
|
|
3
|
Memberisalamsebelumdansesudahmenyampaikanpendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Berperilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli,dan percaya diri
dalam berinteraksi dengantemandangurunya di kelas
|
|
|
|
|
5
|
Ikitsertadanberperanaktifdalampembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Kriteria Nilai:
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Lembar
Pengamatan Sikap Disiplin
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti
kegiatan praktik sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku
tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku
teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Kriteria Nilai:
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Mengetahui, ....... ,
........................
Kepala MI Guru Mapel SKI
(..........................) (.....................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar