Rabu, 25 April 2018

RPP IPA



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama                           : HELDAWATI
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester         : VI / I
Alokasi Waktu        :  2  x  35 menit  ( 1 x pertemuan )

Standa                                      Standar Kompetensi           : Memahami hubungan antara ciri - ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

Kompetensi Dasar               :Mendeskripsikan hubungan antara ciri–ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus tumbuhan pemakan serangga).

I.    Tujuan Pembelajaran
a.      Melalui pengamatan terhadap gambar dan lingkungan , siswa dapat menyebutkan 3 jenis   tumbuhan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan benar.
b.      Melalui pengamatan dan  tanya jawab, siswa dapat menyebutkan ciri khusus yang dimiliki oleh 3 jenis tumbuhan dengan benar.
c.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan bahwa adanya hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya dengan benar.

II. Indikator Pencapaian Kompetensi
a.       Siswa mengobservasi gambar dan lingkungan  agar dapat menentukan nama – nama tumbuhan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan benar.
b.      Siswa melakukan observasi terhadap lingkungannya, agar dapat menyebutkan ciri – ciri khusus yang dimilki tumbuhan dengan benar.
c.       Siswa berdiskusi kelompok untuk membuktikan bahwa adanya hubungan antara ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya dengan benar.

            III. Materi Pokok
1.      Ciri Khusus Tumbuhan
            Contoh:
                a.       Kaktu             b.  Teratai                c.  Kantong Semar       d. Bunga Raflesia
ü  Daun berbentuk jarum, hidup di daerah yang kering, memiliki akar tunggang yang panjang untuk menjangkau air, batangnya adalah tempat menyimpan cadangan air. Hidup di daerah rawa-rawa memiliki bung yang indah, akarnya serabut, batang menggembung tempat menyimpan oksigen.
ü  Bentuknya bunga seperti guci, merupakan pemakan serangga,di dalam bunga terdapat cairan untuk menarik serangga.
ü  Dapat mengeluarkan bau busuk, memiliki kelopak bunga yang lebar, merupakan tumbuhan yang langka, bau yang dikeluarkan bertujuan untuk menarik serangga.

V  .       Metode Pembelajaran      : 
·         Ceramah.
·         tanya jawab                                       
·          problem solving dan observasi.
VI .      Kegiatan Pembelajaran
     
No.
Tahap
Kegiatan
Waktu
1.
Pra
Ø  Mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan,
Ø  Mengkondisikan siswa untuk pembelajaran yang akan dilaksankan.

2.
Awal
a. Apersepsi








b. Motivasi










c. Informasi
Ø  Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.
Ø  Mengadakan tanya jawab tentang nama – nama dan ciri – ciri tumbuhan yang ada dilingkungannya.
Ø  Menugaskan kepada siswa untuk mengamati gambar yang ada di depan atau yang ditunjukkan guru.

Ø  Memotivasi siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran dengan memberikan beberapa pertayaan seperti :
1.      Gambar apa saja yang terdapat di papan tulis atau di depan ?
2.      Dimanakah tumbuhan a dapat hidup ?
3.      Apa ciri dari tumbuhan a ?
4.      Apa fungsi ciri dari tumbuhan a ?

Ø  Memberikan informasi tentang materi dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran.
Ø  Menjelaskan metode dan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama pembelajaran.

3 Menit









5 Menit










2 Menit
3.
Inti
a. Eksplorasi














b. Elaborasi














c. Konfirmasi
Ø  Siswa mengamati gambar dan beberapa jenis tumbuhan yang ada di depan atau layar.
Ø  Siswa mencoba menyebutkan ciri  khusus yang dimilki oleh beberapa jenis tumbuhan yang sedang diamatinya.
Ø  Siswa dengan teman sebangkunya membahas hasil pengamatannya untuk menemukan konsep mengenai ciri khusus dari beberapa tumbuhan yang diamatinya.
Ø  Siswa memahami konsep mengenai ciri khusus tumbuhan ada hubungannya dengan lingkungan hidupnya.

Ø  Siswa dengan teman sebangkunya mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya dan menentukan ciri khusunya.
Ø  Melakukan kuis beradu  cepat untuk menyelesaikan soal berupa gambar untuk menentukan ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu.
Ø  Siswa melakukan problem solving untuk  membuktikan bahwa terdapat hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.

Ø  Siswa membahas hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.
Ø  Siswa berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan  masalah yang ada dalam LKS.
Ø  Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya.
Ø  Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
Ø  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi berdasarkan temuan–temuan selama pembelajaran.
Ø  Guru memberi penguatan kepada siswa yang telah bisa menjawab soal – soal kuis.

15 Menit














15 Menit















10 Menit

4.

Akhir

Ø  Membuat kesimpulan bersama siswa tentang  ciri khusus yang dimiliki beberapa tumbuhan dan hubungannya dengan lingkungan hidupnya.
Ø  Membuat learning journal sebagai bahan refleksi bagi siswa dan guru.
Ø  Evaluasi
a.       Penilaian
Tekhnik  : -  Tes
                 
Bentuk   :   Isian   10  soal
b.      Analisis hasil belajar
c.       Tindak lanjut
*      Perbaikan
*      Pengayaan
d.      Memberi informasi tentang materi dan kegiatan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

20 Menit


VII.  Penilaian
       
            Pedoman Penilaian
Setiap 1 butir soal benar  skor 1   x   10   =   10
Setiap 1 butir soal salah skor 0

Nilai  =  skor perolehan   x   100
                    Skor maksimal

VIII. Sumber Belajar
  1. Buku SAINS kelas VI halaman 9 - 12. Penerbit   :  Erlangga
  2. Buku IPA kelas VI  halaman 6 - 8. Penerbit   :  Depdiknas
  3. Buku IPA kelas VI halaman 7 - 9. Penerbit   : BSE

IX.         Media/A                                     alat Pembelajaran
  1. Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus.
  2. Gambar tumbuhan yang memiliki ciri khusus.
  3. Lingkungan / alam sekitar.

X.      Nilai yang dikembangkan
1.      Kerja sama
2.      Tanggung jawab
3.      Disiplin
4.      Mandiri

Banyumas, …., …..., …….

       Mengetahui
Kepala SDN 1  ………                                                                         Guru  Kelas VI,



                                                                 
NIP.                                                                                             NIP.








1 komentar:

  1. Do you understand there's a 12 word phrase you can communicate to your man... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal to you buried within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and guard you with his entire heart...

    =====> 12 Words Who Fuel A Man's Desire Impulse

    This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him work harder than before to love and admire you.

    Matter-of-fact, fueling this all-powerful impulse is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will soon find him expose his heart and soul for you in a way he never experienced before and he'll recognize you as the only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus