RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama :
HELDAWATI
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: VI / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Standa Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara ciri - ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat
hidupnya.
Kompetensi Dasar :Mendeskripsikan hubungan antara ciri–ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus tumbuhan pemakan serangga).
I.
Tujuan Pembelajaran
a.
Melalui pengamatan terhadap gambar dan lingkungan , siswa dapat menyebutkan
3 jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya dengan benar.
b.
Melalui pengamatan dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan ciri
khusus yang dimiliki oleh 3 jenis tumbuhan dengan benar.
c.
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan bahwa adanya hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya dengan
benar.
II. Indikator Pencapaian Kompetensi
a.
Siswa mengobservasi gambar dan lingkungan agar dapat menentukan nama
– nama tumbuhan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
dengan benar.
b.
Siswa melakukan observasi terhadap lingkungannya, agar dapat menyebutkan
ciri – ciri khusus yang dimilki tumbuhan dengan benar.
c.
Siswa berdiskusi kelompok untuk membuktikan bahwa adanya hubungan antara
ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya dengan benar.
III. Materi Pokok
1.
Ciri Khusus Tumbuhan
Contoh:
a. Kaktu
b. Teratai
c.
Kantong Semar d. Bunga Raflesia
ü Daun berbentuk jarum,
hidup di daerah yang kering, memiliki akar tunggang yang panjang untuk menjangkau air, batangnya adalah tempat menyimpan cadangan
air. Hidup di daerah rawa-rawa memiliki bung yang indah, akarnya serabut, batang menggembung tempat menyimpan oksigen.
ü Bentuknya bunga seperti
guci, merupakan pemakan serangga,di dalam bunga terdapat cairan untuk menarik
serangga.
ü Dapat mengeluarkan bau
busuk, memiliki kelopak bunga yang lebar, merupakan tumbuhan yang langka, bau
yang dikeluarkan bertujuan untuk menarik serangga.
V
. Metode Pembelajaran :
·
Ceramah.
·
tanya jawab
·
problem solving dan observasi.
VI
. Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pra
|
Ø Mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan,
Ø Mengkondisikan siswa untuk pembelajaran yang akan dilaksankan.
|
|
2.
|
Awal
a. Apersepsi
b. Motivasi
c. Informasi
|
Ø
Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.
Ø
Mengadakan tanya jawab tentang nama – nama dan ciri – ciri tumbuhan yang ada
dilingkungannya.
Ø
Menugaskan kepada siswa untuk mengamati gambar yang ada di depan atau yang
ditunjukkan guru.
Ø
Memotivasi siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran dengan memberikan
beberapa pertayaan seperti :
1.
Gambar apa saja yang terdapat di papan tulis atau di depan ?
2.
Dimanakah tumbuhan a dapat hidup ?
3.
Apa ciri dari tumbuhan a ?
4.
Apa fungsi ciri dari tumbuhan a ?
Ø
Memberikan informasi tentang materi dan tujuan pembelajaran yang harus
dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran.
Ø
Menjelaskan metode dan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama
pembelajaran.
|
3 Menit
5 Menit
2 Menit
|
3.
|
Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
|
Ø Siswa
mengamati gambar dan beberapa jenis tumbuhan yang ada di depan atau layar.
Ø Siswa
mencoba menyebutkan ciri khusus yang dimilki oleh beberapa jenis
tumbuhan yang sedang diamatinya.
Ø Siswa
dengan teman sebangkunya membahas hasil pengamatannya untuk menemukan konsep
mengenai ciri khusus dari beberapa tumbuhan yang diamatinya.
Ø Siswa
memahami konsep mengenai ciri khusus tumbuhan ada hubungannya dengan
lingkungan hidupnya.
Ø Siswa
dengan teman sebangkunya mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan tempat
hidupnya dan menentukan ciri khusunya.
Ø
Melakukan kuis beradu cepat untuk menyelesaikan soal berupa gambar
untuk menentukan ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu.
Ø Siswa
melakukan problem solving untuk membuktikan bahwa terdapat hubungan
antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.
Ø Siswa
membahas hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.
Ø Siswa
berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS.
Ø
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dan kelompok yang lain
menanggapinya.
Ø Guru
bersama siswa melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
Ø Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi berdasarkan temuan–temuan selama
pembelajaran.
Ø Guru
memberi penguatan kepada siswa yang telah bisa menjawab soal – soal kuis.
|
15 Menit
15 Menit
10 Menit
|
4.
|
Akhir
|
Ø
Membuat kesimpulan bersama siswa tentang ciri khusus yang dimiliki
beberapa tumbuhan dan hubungannya dengan lingkungan hidupnya.
Ø
Membuat learning journal sebagai bahan refleksi bagi siswa dan guru.
Ø Evaluasi
a.
Penilaian
Tekhnik : -
Tes
Bentuk
: Isian 10 soal
b.
Analisis hasil belajar
c.
Tindak lanjut
Perbaikan
Pengayaan
d.
Memberi informasi tentang materi dan kegiatan pembelajaran pada pertemuan
yang akan datang.
|
20 Menit
|
VII. Penilaian
Pedoman Penilaian
Setiap 1 butir soal
benar skor 1 x 10 = 10
Setiap 1 butir soal salah
skor 0
Nilai = skor
perolehan x 100
Skor
maksimal
VIII. Sumber Belajar
- Buku SAINS kelas VI halaman 9 - 12. Penerbit : Erlangga
- Buku IPA kelas VI halaman 6 - 8. Penerbit : Depdiknas
- Buku IPA kelas VI halaman 7 - 9. Penerbit : BSE
IX. Media/A alat Pembelajaran
- Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus.
- Gambar tumbuhan yang memiliki ciri khusus.
- Lingkungan / alam sekitar.
X.
Nilai yang dikembangkan
1. Kerja sama
2. Tanggung jawab
3. Disiplin
4. Mandiri
Banyumas, …., …..., …….
Mengetahui
Kepala SDN 1 ………
Guru Kelas VI,
NIP.
NIP.
Do you understand there's a 12 word phrase you can communicate to your man... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal to you buried within his heart?
BalasHapusBecause hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and guard you with his entire heart...
=====> 12 Words Who Fuel A Man's Desire Impulse
This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him work harder than before to love and admire you.
Matter-of-fact, fueling this all-powerful impulse is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...
...You will soon find him expose his heart and soul for you in a way he never experienced before and he'll recognize you as the only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.